http://www.blogger.com/html?blogID=1031217399437322993

GAYA HIDUP MODERN


Perkembangan Internet Kini telah maju dengan pesat dengan berkembangnya teknologi kini internet adalah sebuah kebutuhan pokok yang tidak bisa dihilangkan dalam daftar tagihan anda. dahulu internet bukanlah sebuah hal yang penting dalam menjalani kehidupan karena belum banyaknya pengguna internet, kini hampir semua orang beraktifitas tidak jauh dari internet banyak orang yang memiliki smartphone yang selalu terkoneksi dengan internet sehingga mereka terus mendapatkan informasi terbaru dengan sangat cepat.
Handphone kini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidup jika dulunya handphone adalah barang mahal yang hanya dimiliki orang yang memiliki penghasilan tinggi sekarang anak SD saja sudah memiliki handphone untuk tetap berhubungan.
Pengruh Internet
Perkembangan Internet, Informasi Mudah Didapat
Perkembangan Internet membuat informasi mudah didapat, dengan tetap terkoneksi internet pada smartphone kita, kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi terbaru dan lebih cepat. Sungguh Dengan adanya internet, mampu merubah cara pandang kita terhadap informasi-informasi yang kita dapat dari internet. Kitapun selalu terjaga untuk tetap terkoneksi dengan teman, sahabat , rekan kerja, sampai keluarga.
Internet telah membuat candu kepada pengguna, bagaimana tidak menjadi candu dengan biaya internet yang sangat murah bahkan bisa gratis. sudah banyak sekali layanan internet untuk handphone yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, Ada lagi layanan internet yang menggunakan Wireless Lan yang merupakan akses internet tanpa kabel atau menggunakan gelombang elektromagnetik yang sering disebarkan ditempat-tempat ramai contohnya Mall, Kampus, cafe atau berbagai tempat lainnya bisa digunakan untuk mengakses internet, anda hanya perlu bawa peralatan mobile anda ditempat tersebut dan berinternetan sepuasnya.

Perkembangan Internet Merubah Gaya Hidup
Perkembangan Internet telah mempu merubah gaya hidup kita, biasanya kita bangun tidur langsung kekamar mandi untuk buang air tapi sekarang setelah anda bangun tidur sibuk mencari handphone anda hanya untuk mengisi status, membaca komentar dan ngecheck twitter. sebelum sarapan pagi tidak lupa untuk ngetweet, mau berangkat sekolah ngtweet, mau tidur ngetweet begitulah sekarang gaya hidup kita karena perkembangan internet. Smartphone menjadi sebuah gengsi untuk dimiliki, padahal tidak sedikit pula orang yang memiliki smartphone tapi hanya menggunakan smartphonenya hanya untuk sms dan telp saja. Berkembangnya smartphone mampu merubah gaya hidup baru dan membuat perkembangan internet menjadi lebih berkembang dan maju.

Perkembangan Internet Memiliki Sisi Negatif
Perkembangan Internet tidaklah selalu terlihat baik dengan berkembangnya teknologi telah memudahkan anda mencari, mendapatkan informasi lebih mudah, bertransakasi lebih mudah, dll. Internet pun memiliki sisi negatif karena mudahnya informasi anda tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan untuk mencari pengetahuan, anda bisa pergi ke wikipedia.org disana anda bisa mendapatkan banyak informasi sebutan lain wikipedia adalah perpustakaan online. anda tidak perlu membeli cd mp3 jika mencari lagu kesukaa anda hanya perlu pergi ke situs penedia download mp3 anda bisa download mp3 secarqa gratis sampai berbayar ini bisa saja ajang promosi tapi bisa juga sebagai pembajakan. Anda pun dimanjakan oleh internet dengan belanja online dimana anda hanya diam ditempat untuk melakukan transaksi lalu menunggu barang dikirim dengan cepat, ini cenderung membuat kita menjadi lebih manja. Karena Mudahnya mengakses internet membuat anak dibawah umur bisa mendapatkan informasi konten-konten dewasa.
Banyak hal-hal negatif dari internet maka dari itu sangat perlu sekali sebagai orang tua untuk membimbing anaknya yang sedang berselancar di dunia internet. Tidak semua pengaruh internet membawa dampak yang buruk dan sebaliknya tidak semua pengaruh internet membawa dampak baik. mau bagaimanapun kita tidak bisa menghindar dari perkembangan internet.









Konsekuensi Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Gaya Hidup Masyarakat

Gaya hidup atau style tidak dapat dipisahkan dari yang namanya meniru atau biasa disebut plagiat. Dan, media adalah salah satu yang berpengaruh besar. Seperti yang kita tahu, media adalah penyampai informasi kepada khalayak umum. Televisi, majalah, internet, adalah beberapa media yang sedah kita kenal, dan tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa media yang memang sangat berperan bagi gaya hidup manusia.
Remaja  mempunyai banyak cara untuk mencari perhatian. Beberapa di antaranya adalah tampil dengan nyeleneh, tampil beda dari yang lain. Mulailah mereka terlihat aneh dengan penampilan yang kadang mengundang kontroversi. Orangtua dan gurupun jadi cemas karena apa yang ditampilkan itu dinilai melenceng dari adat ketimuran. Busana serba minim bagi remaja wanita sangat disukai. Sedangkan yang pria tampil lebih percaya diri dengan acesories di tubuhnya.
Remaja memang suka tampil aneh-aneh, hal ini sering dilontarkan ketika mengamati penampilan mereka di beberapa tempat umum. yang tak lazim dapat dicermati dari cara busana dan performance fisik mereka. yang berkomentar ini adalah cara remaja mencari perhatian untuk menunjukkan siapa dirinya. Namun tak jarang juga yang cukup maklum dengan keadaan ini.
Tampilan busana remaja sangat bergantung dari mode yang sedang trend. Trend ini tentu saja dibawa oleh para idola remaja yang bisa saja memberi inspirasi mereka dari segi penampilan. Misalnya sekarang lagi trend baju korea. Termasuk ketika beberapa dari remaja tampil dengan busana yang minim, tatto permanen di tubuhnya atau tindik yang tak hanya ada di telinga sebagaimana wajarnya. Berpakaian modis boleh-boleh saja. Apalagi buat mahluk berseragam biru putih yang masih remaja. Bagaimana sebaiknya menyikapi hal ini? Membiarkan saja sebagai bagian dari rasa maklum karena mereka sedang mencari identitas diri? Bila remaja diberi suatu pengertian, bagaimana cara bijaksana menyampaikannya.
Mode busana memang terus berganti dari waktu ke waktu. Misalnya dulu model gombrong, sekarang seperti baju korea, dan lainnya. Dan rasanya, banyak remaja yang merasa kurang gaul kalau tidak mengikuti tren busana itu. Sesungguhnya boleh-boleh saja berbusana modis mengikuti tren mutakhir. Tapi, remaja harus mempertimbangkan juga norma-norma yang berlaku di sekitarnya.
Selain cara mengenakan kerudung, ada hal-hal lain yang membuat remaja berkerudung tetap tampil modis. Warna misalnya, kalau kita bisa memilih warna yang serasi, maka dapat dipastikan akan terlihat menarik. Begitu pula model, motif, dan bahan kain bisa membuat pemakainya terlihat modis. Bagaimana dengan remaja yang tak berkerudung? Nilai-nilai kesopanan juga mesti tetap dipegang teguh.
Dengan kata lain, apa yang dipromosikan oleh `pembungkus’? Ke manakah aku berusaha menarik perhatian orang? Jika tujuannya adalah untuk mempertontonkan tubuh dan membangkitkan hasrat seksual orang lain, untuk menjadikan diri pusat perhatian dan mengundang rasa ingin tahu orang, maka ia telah melanggar kesopanan, sekaligus keutamaan-keutamaan kerendahan hati, pengenalan dan kesopanan dalam berbusana dan bertingkah laku.
Tapi, supaya cara berpakaian remaja tidak ‘kebablasan’ beberapa hal dibawah ini menjadi acuan dalam berbusana yaitu. Pilihlah busana yang sopan, serta sesuai dengan adat dan agama karena masih banyak busana yang modis dan ngetrend tapi sekaligus pula sopan
Dalam video berikut, kita membahas tentang konsekuensi perkembangan teknologi komunikasi terhadap gaya hidup masyarakat (style berpakaian). Dan beberapa orang yang kita wawancarai tentang referensi fashion, eksis, korban mode, hingga perkembangan teknologi menurut mereka.

Dari beberapa media yang berpengaruh terhadap style berpakaian, majalah adalah yang banyak berpengaruh karena majalah memang adalah media yang mempunyai segmen khusus bagi style berpakaian mereka. Female, adalah salah satu contoh majalah terkenal yang membahas tentang fashion. Dan majalah female ini pin sudah merambah kedunia internet dengan membuka female store.
Apabila kita cermati, mehasiswa cenderung membuat kelompok-kelompok kecil, yang dalam kelompok tersebut mempunyai identitas. Seperti yang disampaikan oleh Storey “Melalui ritual konsulsilah subkultur membentuk identitas yang bermakna. Pemberian makna selektifn dan penggunaan kelompok atas apa yang disediakan oleh pasar bekerja serentak untuk memperjelas per bedaan dan pembedaan kelompok” (Storey, 2007: 128).
Hal positif adalah kita dapat mengetahui perkembangan fashion di dunia, tapi apabila para pengkonsumtif tidak bisa memahami dan memikirkan dengan baik akan kegunaan sesuatu yang ditawarkan majalah fashion ini, makan hal tersebut akan menimbulkan suatu kesalahan.
      Itu juga yang telah dipaparkan sumber yang sudah kami wawancarai. Mereka lebih “terinfeksi” majalah dan media elektronik (TV dan internet). Karena media itulah yang hamper setiap saat memberikan pesan-pesan terkini.
Style yang mereka tiru sebenarnya juga mereka sadari bahwa akan membuat mereka lebih eksis. Eksis yang dianggap mereka adalah dikenal orang. Memang, setiap manusia butuh eksis agar dikenal dan diakui oleh orang lain, juga menunjukkan jati dir kita kepada mereka.
Beberapa dari mereka menganggap bahwa mereka adalah korban korban mode, walaupun beberapa juga menyangkal. Seperti yang kita tahu, korban adalah orang yang dirugikan, jadi korban mode adalah orang yang dirugikan mode. Bagin penggila pakaian, mereka tidak akan mau ketinggalan akan mode yang sedang berkembang saat ini. Bahkan, beberapa dari masyarakat mau menyisihkan uang lebih banyak untuk kebutuhan mode daripada untuk kebutuhan penting lain nya.
Perkembangan teknologi komunikasi terhadap perkembangan mode memang sangat berpengaruh. Itu juga yang dirasakan sumber-sumber yang telah memberi informasi. Menurut mereka, perkembangan teknologi dan komunikasilah yang membuat mereka mengerti akan perkembangan mode yang saat ini sedang berkembang. Mulai dari majalah, televise, dan semua media baik media konvensional maupun media non konvensional yang menampilkan berbagai macam rubric yang membahas tentang fashion.
Majalah contohnya, dalam berbagai macam majalah yang beredar terutama majalah yang mengambil segmentasi remaja ataupun wanita, banyak ditampilkan rubric yang khusus membahas tentang fashion. Ditampilkannnya cara selebritis (artis) berpakaian, life style mereka sampai referensi dimana pembaca bisa membeli pakaian yang sama atau bahkan hanya tiruan saja. Pembaca akan cenderung berusaha “mengimitasi” dirinya dengan artis idola yang mungkin pernah dan ditampilkan dimajalah tersebut sebagai referensi mereka dalam berpakaian. Dalam video ini tadi juga disebutkan oleh salah satmber kamurasu
Sebenarnya, pengaruh perkembangan teknologi komunikasi tidak hanya berpengaruh terhadap pengguna mode saja, tapi juga terhadap perkembangan mode itu sendiri. Negara-negara berkembang mengadopsi mode dari negara maju yang notabene memegang peranan penting dalam komunikasi. Seperti yang kita tahu, barang siapa memegank teknologi, maka dia juga yang akan menguasai dunia. Negara maju dalam dunia mode seperti Italy, Perancis, ataupun jepang mempunyai jaringan khusus untuk mempopulerkan fashion mereka. Yang lebih sering kita lihat adalah Negara jepang, yang pintar  untuk mempopulerkan lewat film-film anime mereka. Film jepang mengusung pesan yang lebih propaganda.
Jadi, dalam dunia mode, perkembangan teknologi komunikasi bisa disebut sebagai factor utama, bahkan factor yang sangat penting. Mulai dari proses publikasi, sampai style idola yang bisa ditiru oleh masyarakat. Dan, secar tidak langsung, masyarakat pengguna teknologi juga bisa terinfeksi mode. Tapi, beberapa orang tidak menganggap diri mereka sebagai plagiat. Padahal, toko / tempat pembelian fashion mereka adalah salah satu korban mode, mereka menyadiakan barang-barang yang sedang popular.




Manfaat Teknologi. Teknologi dibuat dan dikembangkan oleh manusia untuk mempermudah setiap pekerjaan dan urusan. Banyak teknologi telah dikembangkan dan membawa manfaat bagi kehidupan. Salah satunya adalah teknologi komputer.

Berikut beberapa Manfaat Kemajuan Teknologi Komputer:

1. Bidang Pendidikan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.

Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.

2. Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

3. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.

Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

4. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

5. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

6. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

7. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

8. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.

9. Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

10. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.

11. Bidang Olah Raga

Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.

12. Pabrik Sepatu
Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer.






Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi kehidupan manusia dalam perkembangannya, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Selain mempercepat komunikasi, TIK juga memudahkan manusia dalam menyelesaikan urusannya.
Berikut  peranan TIK dalam berbagai bidang kehidupan manusia :

1. Bidang Penerbangan

  • Mengatur jadwal penerbangan (flight scheduling).
  • Mengatur perubahan jadwal terbang secara mendadak (itinerary change).
  • Mengatur sistem penjualan tiket dan reservasi penerbangan (real time reservation).
  • Mengatur sistem komunikasi kepada pilot-pilot pesawat mengenai apa yang harus dilakukan (flight progress checks).

2. Bidang Perbankan

  • Mengatur pelayanan rekening kepada nasabah.
  • Menyediakan mesin teller otomatis atau anjungan tunai mandiri (ATM). Dengan perangkat ini, pihak bank dapat memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan transaksi walaupun pada saat libur.

3. Bidang Perdagangan

  • Menyediakan sistem jaringan yang terkoneksi melalui alat bantu scanner (pemindai).
  • Menyediakan alat bantu konsumen untuk melakukan pengecekan harga.

4. Bidang Perkantoran

  • Menyediakan mesin penjawab telepon secara otomatis.
  • Menyediakan alat pengolah kata dengan mesin komunikasi berupa teleks dan faksimile.

5. Rumah Masa Depan

Peranan TIK dalam rumah masa depan yang berdasar pada home automation adalah ketersediaan alat pemantau bahaya yang dapat memberitahukan pencurian, kebakaran, dan kebocoran gas. Alat ini berfungsi secara otomatis dan diperintah lewat saluran telepon.





E-lifestyle Gaya Hidup Digital. E-lifestyle adalah istilah yang menggambarkan fenomena zaman ini, yakni sebagai revolusi gaya hidup (bahkan budaya hidup) akibat perkembangan teknologi informasi den komunikasi yang makin pesat.
Dengan menggunakan peranti digital, pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih efisien dalam anti menghemat biaya dan juga sumber daya. Juga dengan lebih efektif karena tujuan pekerjaan bisa dicapai lebih cepat daripada sebelumnya.

E-lifestyle Gaya Hidup Digital

E-lifestyle Gaya Hidup Digital. Para ahli mengatakan bahwa tujuan utama e-lifestyle adalah optimalisasi produktivitas dengan bemoan berbagai perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Sejak beberapa tahun belakangan ini, rakyat Indonesia mulai memnjukkan penerapan gaya hidup digital dalam rutin kehidupan masing-masing baik disadari atau tidak. Fenomena ini bukan saja oleh kelompok yang mudah menerima teknologi seperti pemuda, eksekutif, den pekerja. Orang awam pun juga tidak ketinggalan ikut berperan dalam penerapan teknologi informasi den komunikasi. Cobalah Anda lihat, setiap ada pameran seputar teknologi informasi den komunikasi seperti komputer dan telepon seluler, orang akan beramai-ramai mengunjunginya. Hal ini menunjukkan bahwa penikmat teknologi informasi dan komunikasi sangat banyak di Indonesia.
Apa yang kita lihat di sedan pameran teknologi informasi dan komunikasi, kebanyakan produsen mengeluarkan hardware dan software. Tanpa adanya software di dalam hardware tersebut, sebuah perangkat tidak bisa digunakan dengan baik. Hal ini secara tidak langsung menuntut pengguna untuk belajar mengoperasikan berbagai peranti tersebut, sehingga mereka mahir dan cakap mengoperasikan sebuah peranti e-lifestyle.

E-lifestyle Gaya Hidup Digital

E-lifestyle Gaya Hidup Digital. Telepon seluler, kamera digital, PDA, pemutar MP3 Player, notebook, Video Player, semuanya memerlukan pengetahuan untuk mengoperasikannya. Peranti-peranti ini sudah banyak terdapat di kehidupan kita. Tidak percaya? Sekarang, perhatikan orang-orang di sekeliling Anda. Baik di tempat kerja, atau di rumah. Masing-masing menggenggam atau mungkin berada tidak jauh dan posel mereka. Bahkan, kadang-kadang ponsel si anak lebih canggih daripada ponsel ayah dan ibunya.
Belum lagi gadget lain yang digunakan, seperti MP3 Player dan scanner, digital. Dibanding beragam gadget yang disebutkan di atas, tampaknya ponsel lebih digemari atau lebih popular dibandingkan lainnya. Hal ini karena ponsel merupakan alai komunikasi yang banyak gunanya, mengirim SMS dengan rnurah. Fitur-fitur tambahan seperti kamera digital dan perekam video di ponsel makin menambah fungsionalitas ponsel.


E-lifestyle Gaya Hidup Digital. E-lifestyle adalah istilah yang menggambarkan fenomena zaman ini, yakni sebagai revolusi gaya hidup (bahkan budaya hidup) akibat perkembangan teknologi informasi den komunikasi yang makin pesat.
Dengan menggunakan peranti digital, pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih efisien dalam anti menghemat biaya dan juga sumber daya. Juga dengan lebih efektif karena tujuan pekerjaan bisa dicapai lebih cepat daripada sebelumnya.

Gaya Hidup Dengan Teknologi
Sekarang zamannya praktis, zamannya serba mudah, dan semuanya bisa di lakukan dengan cepat atau instan. Dan tidak bisa di pungkiri lagi, gaya hidup yang serba cepat dan instan menjadi  tren pada zaman sekarang ini. Jika ingin melakukannya,  ada fasilitas seperti skype yang bisa memudahkannya.  Jika Cuma ingin berganti informasi dengan saling mengirimkan informasi, sekarang ini sudah ada blackbary.  Kita tidak perlu lagi menjinjing perangkat laptop untuk memudahkan aktivitas. Tapi pada akhirnya,  fungsi blackbary tidak lagi hanya berdasarkan kebutuhan.  Gaya hidup sosial pun ikut terpengaruh akan hal ini. Di indonesia,  gaya hidup mengunakan blackbary pada awalnya adalah sebuah kebutuhan. Saling bertukar informasi, saling mengirim e-mail dan sebagainya. Tapi Pada perkembangan nya hal itu pun berubah. Blackbary berubah menjadi sesuatu yang “harus dimiliki”. Lebih dari sekedar fungsinya.  Sebagai contoh perkembangan jejaring sosial yang begitu meningkat menjadi faktornya, facebook,  twitter,  yahoo messenger.  Aplikasi data tersebut menjadi sesuatu yang amat penting sekarang ini. Bahkan beberapa operator telekomniasi membuat paket layana data untuk blackbary yang mengkhususkan untuk penggunaan jejaring sosial, ketimbang fungsi asli dari Blackbary.
Wajar saja gaya hidup pun berubah.  Sebuah contoh saja, masih ada yang tidak mengerti fungsi delemanya sebuah Blackbary .  Nomor ponsel dari sim card yang masih sering dianggap sebagai nomor pin yang di pakai untuk menggunakan fasilitas Blackbary messenger.  Selain itu , tentunya kita masih ingat sekali bagaimana dengan bentuk desain qwerty ala blackbary.  Desain tersebut banyak dibuat oleh produsen-prodosen ponsel lokal untuk menggaet hati konsumen yang tidak memilki Blackbary.  Hal ini mengingat blackbary harganya masih jutaan,  sedangkan dengan desain ponsel yang sama dan diproduksi oleh produsen ponsel lokal,  harganya hanya setengah Blackbary.  Tapi karna bentuknya yang mirip dengan Blackbary, maka ponsel lokal dengan bentuk desain blackbary diminati oleh beberapa konsumen.  Secara tidak langsung blackbary memang mengubah gaya hidup sebagian orang.  Bahkan ada pula yang ingin memiliki blackbary hanya karna ingin tampilan up-date statusnya di facebook  tertulis via Blackbary. Gaya hidup yang memang instan dan serba mudah bukanlah jadi sebuah kebutuhan lagi sesuai dengan zamannya,  tetapi sebagai gaya hidup yang berdasarkan pada sebuah bentuk gengsi atau status sosial.
tak tau.tau.berbagi


E-life Pada Kehidupa Bisnis
Globalisasi di bidang ekonomi adalah contoh yang bisa menggambarkan bagaimana sebuah kekuatan global bisa berdampak pada banyak aspek kehidupan. Dalam : Thriving Locally in the Global Economy (1995),Rosabeth Mass Konter menandai globalisasi ekonomi dalam empat proses berikut: mobilitas, keserentakan, pencarian jalan bebas hambatan, dan pluralisme. Kombinasi keempat proses tersebut telah membuat lintas batas antar negara dan penggunaan teknologi dilakukan hampir dalam hitungan detik.
E-life style yang terjadi dari penggunaan high technology seperti yang pernah dilansir Lester Thurow dalam The Future of Capitalism (1997) agaknya bisa menguatkan argumentasi tersebut. Saat ini, banyak kita saksikan cara hidup gaya baru berbasis teknologi yang mengubah cara berpikir dan bertindak. E-commerce, e-business, e-banking, dan term-term lain yang merefleksikan kehadiran new economy adalah sedikit gambaran bahwa aktivitas bisnis berbasis internet akan menjadi sebuah pemandangan biasa di kemudian hari. 
Salah satu fenomena yang bisa membuktikan adalah banyaknya para pebisnis yang berlomba-lomba terjun di bisnis berbasis internet dan TI (teknologi informasi) atau  meminjam istilah Benoit Marchal  migrating to E-commerce.
Saat ini, kita sudah melihat banyak perusahaan old company yang bermigrasi ke dunia maya. Di tanah air, kita juga menyaksikan perusahaan-perusahaan melakukan hal serupa. Selain itu, banyak pula bermunculan perusahaan-perusahaan (start up) yang menggelar bisnis berbasis internet dan IT. Meski banyak yang berguguran, fakta menunjukkan bahwa ada banyak bisnis dan pebisnis yang menjadi sukses berkat IT.
Sergey Brin dan Larry Page bukan siapa-siapa saat orang-orang kaya semacam Warren Buffet, Larry Ellison, atau Donald Trumph sudah menjadi orang kaya kelas dunia. Namun sekarang mereka mampu menjadi bagian dari orang-orang terkaya dunia dengan kekayaan masing-masing US$16,6 miliar atau Rp. 152,3 triliun. Sebagaimana dilansir majalah Forbes, peringkat kekayaan kedua pendiri Google ini menduduki posisi 26 orang-orang terkaya. Hasil pikirannya tidak hanya menjadi incaran investor saham, tetapi juga menjadi magnet yang membuat orang-orang cerdas dan kreatif berebut masuk menjadi bagian dari Google Guys dengan menjadi Googler.
Tokoh fenomenal lain adalah Jack Ma yang merintis Alibaba.com dengan modal $60.000 pada Maret 1999. Meski baru mengenal internet pada tahun 1995 saat berada di Seattle, AS, kini sudah menjadi orang kaya baru di China dengan mesin uang bernama internet sebagai medianya. Yahoo bahkan menanamkan US$ 1 Miliar untuk ditukar dengan 40% saham Alibaba.

Di Indonesia, kita bisa melihat contoh kesuksesan Hendrik Tio dengan Bhinneka.Com, Tonton Taufik dengan Rattanland.Com, dan banyak lagi zero-to-hero yang lain.
Fakta ini memberi sedikit bukti bahwa gabungan knowledge, teknologi dan (terkadang) sedikit uang bisa mengalahkan bisnis yang dibangun dengan dana miliaran dan banyak karyawan. Tentu kita masih ingat bagaimana raja hiburan Time Warner yang berkiprah sejak tahun 1925 dengan total pendapatan $23 miliar per tahun pernah bersedia  merger  dengan American Online (AOL) yang baru berdiri pada tahun 1985 dengan pendapatan per tahun yang lebih sedikit, US$ 5,2 miliar.  

 Semacam inilah fenomena yang dimaksudkan pakar manajemen Peter Drucker dalam bukunya Post-Capitalist-Society (1994). Pada era ini, untuk mendirikan perusahaan utamanya jasa  tidak lagi diperlukan modal besar dan banyak pekerja. Bermodal handphone atau notebook, bisnis bisa dilakukan hanya dengan koneksi internet.




Dampak negatif
Mungkin Anda sudah sering mendengar berbagai macam spekulasi antar perusahaan elektronik besar dalam menarik perhatian pasar. Seperti halnya RIM dengan inovasi terbaru mereka yang dikenal sebagai PlayBook yang diluncurkan di pasaran sebagai saingan dari iPad, atau Samsung dengan Galaxy Tab dan yang paling hangat dibicarakan akhir-akhir ini adalah iPhone 5 dari Apple dan si robot hijau Android juga mulai merajai pasar sebagai salah satu OS yang paling dicari karena aplikasi-aplikasinya yang gratis.
Satu yang pasti, selalu ada inovasi yang dilakukan agar sesuai dengan gaya hidup teknologi masa kini tapi sebagai manusia Anda tidak boleh lupa bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kembali lagi ke masa sekolah dulu ketika belajar tentang PPKN dan manusia adalah makhluk sosial, walau banyak sekali jenis social networking yang bisa Anda nikmati lewat gadget Anda tapi tetap saja jangan lupakan kodrat Anda sebagai makhluk sosial yang harus saling berinteraksi dengan sesama. Sering sekali Anda melihat bahwa, ada dua orang yang duduk di satu meja tapi mereka sibuk dengan gadget mereka masing-masing sementara makan siang mereka di meja disentuhpun tidak. Mari lebih bijaksana dalam menyikapi kemajuan jaman dan teknologi yang ada.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS